Sehat Dalam Genggaman Bersama Garda Mobile Medcare




“Sehat itu murah, tetapi menjadi mahal ketika sehat telah berubah menjadi sakit…”
-Anonim-

Kalimat bijak di atas mungkin sudah sering banget di dengar. Tanpa disadari kesehatan adalah anugerah terbesar dari Sang Pencipta, karena dengan memiliki kesehatan kita dapat melakukan banyak hal termasuk mengais rejeki.
Namun, apabila dilihat dengan kondisi masyarakat Indonesia saat ini, kurang sekali memiliki gaya hidup sehat. Hidup sehat tidak menjadi hal yang penting di dalam siklus kehidupan sehari-hari. Hal ini dilihat dari pola makan, pola tidur, pola olahraga, dll yang serba tidak teratur.
Alhasil, di usia yang dapat dikatakan masih muda sudah muncul berbagai penyakit yang menakutkan. Ditambah lagi dengan kurangnya manajemen stress yang merenggut hampir 90% kondisi tubuh. Untuk itu, mau tidak mau kita kudu menjaga kesehatan dengan baik untuk kehidupan yang lebih baik.
Nah, pertanyaannya bagaimana mungkin menjaga kesehatan di tengah sibuknya pekerjaan/jadwal kegiatan? Kan enggak mungkin harus membayar seorang asisten untuk mengingatkan semua jadwal kesehatan yang harus kita laksanakan setiap hari.
Namun, jangan kuatir karena Asuransi Astra dengan jargon-nya Peace of Mind meluncurkan produk baru yang memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk menjaga kondisi kesehatan agar selalu fit. Tepatnya Rabu, 25 Mei 2016, Asuransi Astra meluncurkan Garda Mobile, sebuah aplikasi layanan digital berbentuk kumpulan aplikasi. Inovasi ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat untuk mengakses servis yang ditawarkan oleh Asuransi Astra.
 

 

APA ITU GARDA MOBILE MEDCARE?

Garda Mobile Medcare adalah sebuah terobosan baru dalam industri asuransi umum, khususnya asuransi kesehatan. Medcare didesain tidak hanya sebagai aplikasi yang dapat membantu penggunanya menjaga kondisi kesehatan tetap fit, tetapi juga bisa menjadi panduan gaya hidup sehat melalui fitur-fitur yang disediakan.

BAGAIMANA CARA MENDAPATKANNYA?
Garda Mobile Medcare dapat diunduh secara gratis lewat Google Play dan App Store baik non pelanggan maupun pelanggan Asuransi Astra. Wow, jadi buat yang belum menjadi pelanggan Asuransi Astra pun dapat men-download aplikasi ini.
Aplikasi ini memang ditujukan untuk ponsel jadi semua pengguna dapat dengan mudah mengaksesnya dan tentunya dapat dibawa kemana-mana “Peace of mind in your pocket”


BEDAH GARDA MOBILE MEDCARE
Setelah men-download aplikasi ini dan membedah satu persatu maka saya menyatakan bahwa aplikasi ini user experience dan user friendly. Sangat mudah menggunakannya dan yang terpenting adalah sangat bermanfaat khususnya bagi setiap orang yang ingin menjadikan kesehatan sebagai gaya hidup.
Sama halnya dengan aplikasi lainnya maka sebelum menjalankan aplikasi Medcare, diminta kepada setiap pengguna untuk menyetujui ketentuan dan persyaratan, seperti gambar di bawah ini:
PERSETUJUAN

Kemudian klik langkah berikutnya dan tak berapa lama aplikasi mulai dapat dioperasikan. Tampilan awal Medcare adalah sebagai berikut:

Top Bar terdiri dari 5 konten yaitu Beranda/Dashboard Home, Profil/Profile, Sekitarku/Near Me, Pengetahuan/Knowledge dan Pengaturan/Setting. Dari setiap konten terdiri dari beberapa bagian yang menjelaskan masing-masing fungsi.


    BERANDA/DASHBOARD HOME

 

Hal terbaik dari aplikasi ini adalah pengingat/reminder. Karena kesibukan atau padatnya jadwal maka kita sering sekali melupakan hal-hal yang penting seperti mengontrol kesehatan, meminum suplemen/vitamin dan menjaga kebugaran.
Di dalam pengingat terdapat 3 (tiga) bagian yaitu: Pengingat Kebugaran, Pengingat Kontrol Medis dan Pengingat Obat. Seperti gambar di bawah ini:

 
Kebugaran merupakan kemampuan seseorang untuk melakukan aktivitas tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan. Fungsi kebugaran adalah meningkatnya sistem sirkulasi darah, sistem saraf, fungsi jantung, meningkatnya stamina dan mempercepat pemulihan fungsi organ tubuh.
Aplikasi ini mengakomodir berbagai kegiatan atau aktivitas kebugaran seperti squash, swimming, Aerobic, dll. Serta lokasi untuk melatih kebugaran tersebut. Kita dapat memilih hari serta waktu untuk pengingat kita melaksanakan aktivitas tersebut.
 

Aktivitas Harian mengajarkan kita untuk menjaga kesehatan dari sisi konsumsi seperti makanan dan air minum. Dalam konten ini terdiri dari kegiatan makan dan minum sehari serta ada target yang harus dicapai untuk mencapai kesehatan yang maksimal.
 





  
 
 
Simtoma/simtom atau gejala adalah pengindikasian keberadaan suatu penyakit atau gangguan kesehatan yang tidak diinginkan, berbentuk tanda-tanda atau ciri-ciri penyakit dan dapat dirasakan.
Aplikasi ini mengakomodir ketika kita pernah mengalami gejala suatu penyakit atau dapat digunakan sebagai diary untuk mencatat riwayat penyakit yang bermanfaat apabila kita melakukan check up ke dokter.



 
Kontrol Medis digunakan untuk mengidentifikasi penyakit medis dalam keadaan awal atau laten. Kontrol Medis sangat diperlukan dalam memperhatikan setiap bagian tubuh.
Terkadang kita merasa dengan tubuh yang nyaman tidak mungkin terdapat penyakit, namun ketika melakukan Kontrol Medis maka akan terlihat beberapa gejala atau penyakit awal dan dapat diatasi di kemudian hari.
Canggihnya, Medcare juga menyediakan fasilitas Kontrol Medis yang disertai dengan reminder. Alhasil, kita dapat secara rutin sesuai jadwal untuk melakukan Kontrol Medis. 
 



Beberapa tahun lalu, saya pernah terserang penyakit sesak. Dokter menyampaikan agar obat di minum secara rutin selama 6 (enam) bulan. Namun, apabila satu hari saja terlewatkan dalam meminum obat maka akan diulangi dari awal.
Bayangkan saja, saya harus mengulang meminum obat selama 6 (enam) bulan ke depan, padahal tinggal sebulan lagi pengobatan selesai. Hadirnya, Medcare dengan icon obat di dalamnya, membuat kita lebih mudah mengontrol untuk meminum obat setiap hari. Canggihnya, kita dapat mengatur reminder untuk meminum obat beberapa waktu sebelumnya dan dapat diulang setiap hari.    
Ditambah dengan aplikasi foto jenis obat yang akan dikonsumsi. Nama obat, di konsumsi setiap hari dimulai dari tanggal dan sampai tanggal berapa. Kemudian ingin diulangi beberapa kali dan ada catatan kecil sebagai tambahan pengingat. Cool abis


Fitur Medcare juga menyediakan jaringan langsung untuk menghubungi Garda Akses. Apakah ingin konsultasi atau bertanya seputar produk asuransi Astra/Garda Medika, layanan kesehatan, program asuransi, dll.


 
 Kemarin pada saat ulang tahun yang ke 31, terdapat notifikasi di handphone saya, bertuliskan:

“Saya berharap kedamaian dan kebahagiaan. Selamat ulang tahun!”

Melihat notifikasi di kotak masuk, rasanya senang banget. Jadi, Medcare-lah yang pertama mengucapkan selamat ulang tahun kepada saya, hehehe
Di samping itu, di layanan kotak masuk juga terdapat banyak info layanan free trial untuk fitness, info voucher kacamata, dll. Jadi, buat kita yang suka dengan diskon dan voucher, jangan kuatir check aja di kotak masuk.  

 

Garda Medika adalah fitur Medcare untuk peserta Asuransi Garda Medika. Fitur ini memudahkan seluruh peserta untuk mengetahui asuransi yang diikuti baik segi layanan, klaim, pembayaran, dll.




 PROFIL/PROFILE

Setiap aplikasi tentunya ada profil yang harus dilengkapi. Dalam pengisian profil di fitur Medcare tidak terlalu merepotkan. Hanya ada 4 (empat) item yang harus diisi dan tidak ribet. Pertama, kita upload foto yang ingin dipasang. Selanjutnya mengetik Nama, Tanggal Lahir, No.Telepon serta No.Darurat.
 


  SEKITARKU/NEAR ME


Fitur sekitarku/near me adalah satu bagian favorit saya. Hal ini dikarenakan dengan mudah mencari Rumah Sakit, Laboratorium, Apotek, Gym dan Optik. Apalagi kalau melakukan perjalanan jauh dan harus kepepet mencari tempat-tempat tersebut.
Tinggal klik icon-nya, maka langsung di hubungkan dengan GPS tempat atau lokasi seperti Rumah Sakit, Laboratorium, Apotek, Gym dan Optik yang terdekat di mana kita berada. Langsung tertera daerah atau denah perjalanannya. Keren banget kan???



PENGETAHUAN/KNOWLEDGE

Pamungkas dari Fitur Medcare adalah Pengetahuan/Knowledge. Bagi kita yang hobby bacaan sehat maka Medcare menyediakan artikel-artikel yang keren. Biasanya kalau mau mencari artikel seputar kesehatan maka kita akan sibuk searching di internet. Namun, setiap hari Medcare update artikel-artikel yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan.
Lagi santai di rumah, macet di perjalanan, sedang bosan menunggu seseorang, bahkan saat berolahraga tinggal klik pengetahuan/knowledge Medcare maka akan muncul artikel yang siap dibaca.





 PENGATURAN/SETTING

Di dalam pengaturang/setting terdiri dari tentang, hubungkan akun ke media sosial, beritahu teman, dan akun. Juga terdapat permbaharuan serta sinkronisasi setiap kali membuka aplikasi ini.  
 




MENGAPA HARUS GARDA MOBILE MEDCARE?
Dear All,
Sebagai Istri dan Ibu, saya harus memperhatikan kesehatan semua anggota keluarga, tak jarang saya mencari data ataupun aplikasi tentang kesehatan. Karena bagi saya kesehatan itu sangat penting.
Sebelumnya saya mencoba beberapa aplikasi kesehatan, namun tidak menemui aplikasi kesehatan selengkap dan se-komplit Medcare. Berikut beberapa perbandingan aplikasi kesehatan yang pernah saya unduh. 


 ·      Medcare     : Aplikasi kesehatan yang komplit, dari segi kebugaran, kontrol medis, obat, artikel, dll. Dapat diunduh secara gratis.
 ·     Aplikasi A  : Aplikasi kesehatan yang hanya mengakomodir beberapa fitur kesehatan seperti reminder konsumsi obat, kontrol medis dan semua berkaitan dengan medis. Dapat diunduh secara gratis.
 ·      Aplikasi B  : Aplikasi kesehatan yang hanya ditujukan untuk pengguna ataupun peserta dari asuransi tersebut. Dapat diunduh secara gratis.
 ·      Aplikasi C   : Aplikasi kesehatan yang hanya menyajikan tips atau artikel kesehatan. Dapat diunduh secara gratis.
Dari keempat aplikasi ini, saya tetap merekomendasikan Garda Mobile Medcare dikarenakan paket komplit, semuanya ada. Dibanding dengan aplikasi lain, Medcare tampil lebih ciamik dengan warna yang serba pastel/lembut, tidak terlalu mencolok seperti aplikasi lainnya. 


·      Medcare     : Profile/Register-nya mudah, hanya perlu mengisi 4 (empat) item ditambah upload foto.   
 ·      Aplikasi A  : Profile/Register-nya lumayan ribet, karena harus melalui beberapa langkah dan mencantumkan email untuk konfirmasi. Untuk foto sudah tersedia avatar yang dapat dipilih.  
 ·      Aplikasi B  : Profile/Register-nya sangat ribet, karena banyak sekali formulir atau data diri yang harus diisi. Dan tentunya aplikasi ini hanya ditujukan untuk pengguna asuransi.
 ·      Aplikasi C   : Tidak ada pengisian profile/registrasi karena langsung download langsung terdapat tampilan. Karena karakter aplikasi ini hanya sebagai info kesehatan.
Hari ini gini masih ribet dengan pengisian??? Tentu tidak… Medcare hadir dengan kesederhanaan khususnya dalam pemakaian. Dibanding dengan Aplikasi A dan B, maka Medcare adalah Aplikasi yang paling terbaik.
 

Karena hanya Aplikasi Medcare dan Aplikasi A yang mendukung kegiatan sehari-hari dalam menjaga kesehatan maka berikut perbandingannya:
 Beranda/Home
·      Medcare     : Dari segi tampilan Beranda/Home maka Aplikasi Medcare jauh lebih berwarna daripada Aplikasi A. Warna pastel dengan icon gambar yang eye catching membuat tampilan Medcare lebih baik.  
 ·      Aplikasi A  : Dominasi warna biru dan putih membuat aplikasi ini terasa kaku ditambah icon-icon kecil yang terdapat di sebelah kanan, membuat aplikasi ini kurang dinamis.
Dari segi tampilan, tentunya saya tetap jatuh hati pada Medcare, lebih dinamis dan berwarna.

Pengingat Konsumsi Obat


Berikut ini adalah salah satu fitur yang dimiliki oleh Medcare dan Aplikasi A yaitu pengingat konsumsi obat. Pengingat ini sangat penting, khususnya bagi orang yang harus rutin dalam waktu tertentu mengkonsumsi obat dari dokter.




·      Medcare     : Keunggulannya menampilkan foto obat yang akan dikonsumsi.
 ·    Aplikasi A  : Pada dasarnya, hampir sama dengan aplikasi Medcare. Namun, dalam aplikasi ini tidak ditampilkan foto serta tanggal mulai dan tanggal akhir pemakaian obat.
Fitur pengingat konsumsi obat yang ditampilkan, kembali aplikasi Medcare tetap yang terbaik, karena memiliki foto obat yang harus diminum jadi tidak akan salah obat.

Kontrol Medis
Kontrol medis merupakan salah satu fitur yang dimiliki di kedua aplikasi. Fitur kontrol medis membantu kita untuk mengingat waktu check up ke Rumah Sakit atau Dokter. 

 ·      Medcare     : Hampir sama dengan aplikasi A, namun Medcare memiliki waktu pengulangan serta pengingat berapa jam atau menit sebelum waktu check up atau konsultasi.
 ·      Aplikasi A  : Kelebihannya ada nama dan contact dokter yang akan ditemui.
Kembali untuk fitur ini, saya tetap memilih Medcare karena lebih detail dan tetap sederhana. Saran untuk aplikasi Medcare dapat ditambahkan nama serta contact dokter.

KESIMPULAN
Kesehatan adalah anugerah Sang Pencipta yang harus dijaga oleh setiap manusia. Gaya hidup sehat memudahkan kita untuk menjalani kehidupan yang lebih baik. Medcare hadir sebagai sahabat dalam menjalankan program atau kegiatan untuk tetap sehat setiap hari.
Sehat dalam genggaman bukan lagi mimpi namun kenyataan saat kita mengunduh Medcare di smartphone kita. Baiknya, aplikasi ini tidak hanya untuk peserta Garda Medika tetapi untuk semua masyarakat yang ingin menjadikan kesehatan sebagai gaya hidupnya. Karena Asuransi Astra ingin berbagi kebaikan lewat program yang dijalankannya. So, tunggu apalagi jangan sampai ketinggalan, saya sudah membuktikannya, bagaimana dengan kamu? #gardamobile #medcare
Salam sehat….


Sumber :



   3.      https://youtube.com/ (Garda Mobile Medcare)


1 komentar:

  1. Garda Mobile Medcare emang keren, bisa pantau kesehatan kita terus, yang paling saya suka yaitu bisa mengingatkan saya untuk kontro rutin, sip deh pokonya

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

BP

WB

KEB