Penghargaan adalah Bonus dari Sebuah Proses




Dulu waktu masih duduk di bangku SD, saya melihat seorang teman memiliki tas dan sepatu baru. sampai di rumah, berlari ke dapur untuk meminta Mama membelikan tas dan sepatu baru tersebut.




Karena ingin mendapatkan hadiah dari Mama, hampir setiap waktu digunakan untuk belajar. Sampai tidak ada kesempatan lagi untuk bermain bersama teman. Usaha meraih juara sudah dilakukan dengan harapan dapat meraih juara pertama dan penghargaan dari Mama.

Tiba saat pembagian hasil belajar dalam kenaikan kelas. Guru memanggil juara 1-3 ke depan kelas. Namaku memang dipanggil tetapi untuk juara kedua. Saat itu, perasaan benar-benar kecewa.

Saat tiba di rumah, tidak ada keberanian untuk mengingatkan Mama membeli sepatu dan tas baru tahun ini. Karena tidak mencapai target menjadi juara pertama. Namun, Mama tersenyum dan langsung berkata:





Saya merasa sangat beruntung, dengan umur yang masih sangat muda sudah mengerti arti dari sebuah penghargaan. Mama adalah orang pertama yang mengajarkan saya bagaimana kita menghargai sebuah proses dalam mencapai sebuah tujuan. Penghargaan adalah bonus dari proses terbaik yang kita lakukan.



Pada saat membereskan sepatu dan tas yang baru di beli dari pasar, Mama berkata bahwa Piagam Penghargaan yang didapat dari sekolah langsung dibingkai.


Berawal dari kebanggan tersendiri untuk setiap hasil yang diperoleh berupa penghargaan piagam maka terus berkembang sampai saat ini. Tak lepas mulai dari SD sampai duduk di bangku kuliah memperoleh hasil yang terbaik.



Sampai hari ini, walaupun mendedikasikan hidup sebagai Ibu Rumah Tangga, selalu berusaha mengikuti banyak kegiatan dan kompetisi yang menghasilkan penghargaan. Kembali seperti kata Mama bahwa Penghargaan itu adalah sebuah bonus dari proses yang kita laksanakan dengan baik dalam mencapai tujuan.

Alhasil, yang semula menganggap juara 2 di kelas adalah sebuah apreasiasi teri namun ketika menyadari bahwa prestasi sekecil apapun harus dihargai dan akhirnya berkembang dan termotivasi untuk melakukan yang lebih baik sehingga banyak penghargaan yang diterima.






Saat duduk di bangku kuliah, saya memiliki kesempatan untuk mengajar beberapa anak jalanan di sekitar Margonda Depok. Setelah mereka naik kelas, salah seorang dari mereka berkata bahwa akan memberikan sebuah hadiah kepada saya. 

Dalam benak saya, mereka akan memberikan sesuatu yang mungkin bermanfaat. Namun, saat bertemu dengan mereka, tiba-tiba mereka bernyanyi di depan kosan dengan okulele yang biasa mereka pergunakan untuk mengamen di jalanan. 




Mereka berkata bahwa inilah hadiah yang diberikan. Wah pada saat itu, saya merasa bahwa penghargaan bukan hanya sekedar hadiah dalam bentuk fisik yang bermanfaat. Namun, penghargaan dapat berupa nyanyian yang sangat memotivasi untuk selalu berbuat yang terbaik.

Dari pengalaman tersebut, saya memiliki kesimpulan bahwa penghargaan tidak hanya diterima dalam bentuk materil tetapi bisa berbentuk moril. Rupa-rupa dan defenisi penghargaan yang saya dapat selama ini adalah:
A.   Bentuk Fisik
      1.       Tanda Apresiasi
-          Piagam
-          Sertifikat
-          Kartu Ucapan
-          Plakat
-          Piala
-          Medali, dll
     2.       Hadiah
-          Uang
-          Barang
-          Voucher, dll

B.   Bentuk Non Fisik
      1.       Pujian/Kalimat Motivasi
      2.       Doa

Terkadang beberapa orang menilai ketika penghargaan yang diterima dalam bentuk Non Fisik seperti ucapan terima kasih atau kalimat motivasi, kita merasa usaha atau proses yang kita lakukan sia-sia. Dengan kata lain, proses yang tidak membuahkan hasil.

Menurut saya, bentuk apapun penghargaan yang diberikan dalam mengapresiasi sebuah proses yang kita lakukan bukanlah hal yang utama. Poinnya adalah penghargaan itu jadikan sebagai pemacu kita untuk selalu berbuat baik dan melakukan yang terbaik.



Beberapa waktu lalu, saya mengikuti sebuah kontes foto dengan tema “kerajinan tangan” yang diselenggarakan oleh sebuah produk kecantikan. Saya melakukan usaha yang begitu maksimal, menyelesaikan beberapa kerajinan tangan dalam beberapa hari.

Alhasil, proses yang saya lakukan dihargai dengan hasil yang maksimal juga. Saya menjadi salah satu pemenang yang mendapatkan penghargaan berapa hadiah Voucher Belanja Sodexo senilai Rp500.000. Bagi saya, penghargaan ini sangat bermanfaat, dengan proses yang saya lakukan, dihargai berupa Voucher Sodexo yang merupakan kebanggaan tersendiri yang luar biasa. 







Semenjak bergabung dengan Facebook Fans Page Sodexo Indonesia, saya merasa sangat dihargai. Banyak penghargaan yang saya terima khususnya dalam bentuk non fisik. Karena hampir setiap hari saya mendapatkan kalimat motivasi dari quote yang ditayangkan.



Ditambah dengan sapaan Sodexians, membuat saya merasa bagian dari keluarga Sodexo Indonesia. Sangat informatif dan dinamis untuk setiap produk yang ditampilkan di layar smartphone saya.

Alhasil, saya mengetahui berbagai informasi mengenai Voucher Sodexo. Terdapat 5 Jenis Pass Voucher yang ditawarkan oleh Sodexo yaitu:
1.            SODEXO FOOD PASS
Sodexo makan prabayar yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan mereka sebagai bentuk manfaat SDM serta memberikan hak kepada penerimanya untuk makan di tempat yang nyaman, dimulai dari pedagang kaki lima sampai dengan restoran dekat kantor.



Voucher ini sangat rekomendasi bagi perusahaan yang menyediakan makan untuk karyawan. Menurut aturan perpajakan, ketika ada biaya untuk pengeluaran makan bersama di sebuah perusahaan maka bagi karyawan bukan sebuah penghasilan yang dikenakan pajak dan bagi perusahaan dapat menjadi biaya.

Pengalaman pribadi waktu di kantor, perusahaan memberikan makanan bagi karyawan, namun terasa membosankan karena menu yang disajikan kurang bervariasi. Alhasil, banyak juga karyawan yang harus ke luar untuk membeli makanan. 

Jadi, untuk perusahaan yang tetap ingin memberikan penghargaan melalui penyediaan makanan dapat beralih ke Voucher Sodexo Food Pass. Karyawan dapat memilih makanan sesuai dengan selera di rumah makan mana saja di sekitar kantor.


2.            SODEXO GIFT PASS
Voucher hadiah no.1 di Indonesia sebagai solusi untuk penyediaan hadiah perusahaan baik untuk karyawan, rekan bisnis atau pelanggan.



Akhir-akhir ini, saya mengikuti beberapa kompetisi menulis dan foto. Hebatnya, sebagian besar kompetisi tersebut memberikan penghargaan berupa Voucher Sodexo Gift Pass, seperti yang saya terima saat memenangkan kompetisi foto. 

Pertanyaan saya, mengapa di banyak kompetisi menghadiahkan Voucher Sodexo Gift Pass? Ternyata sudah menjadi rahasia umum bahwa sodexo sudah memiliki sekitar 300 - an Merchant Sodexo dan lebih dari 14.000 Outlets di Indonesia.

Jadi, bagi si penerima penghargaan akan merasa mudah untuk mengaplikasikan penghargaannya dalam bentuk yang diinginkan. Penyelenggara kompetisi sudah melihat bahwa pemenang akan diberi penghargaan sesuai dengan yang dibutuhkan. Tinggal tukar saja voucher-nya dengan barang dan jasa yang dibutuhkan.

3.            SODEXO REWARD PASS



Jenis lain dari Voucher Sodexo Gift Pass dengan pilihan ekonomis sebagai penyediaan hadiah.

4.            SODEXO DISCOUNT PASS
Kartu diskon yang bersifat fleksibel dan bebas berkreasi dalam desain untuk meningkatkan konerja dan loyalitas karyawan dan klien.



Untuk wanita dan smart shopper yang suka dengan diskon, otomatis Sodexo Discount Pass ini jadi pilihan yang tepat. Apalagi kalau di bulan tua dan harus berbelanja dengan uang yang pas-pasan, dengan adanya diskon maka dapat memenuhi kebutuhan yang diperlukan.  

5.            SODEXO EPASS
Pertama dan satu-satunya voucher belanja elektronik yang dapat digunakan di website-website belanja online terbaik di Indonesia. Menurut saya, Sodexo sangat jeli melihat perkembangan pasar yang di zaman ini, di mana semua serba online.



Pesatnya e-commerce membuat semua orang mampu memenuhi kebutuhan melalui online. Oleh karena itu, Sodexo juga hadir dalam bentuk Sodexo Epass sebagai bentuk penghargaan kepada smart shopper yang berbelanja di dunia maya. Terlebih buat smart shopper yang enggan atau takut menggunakan debit atau credit card, dalam melakukan pembayaran suatu produk.    

Dear Sodexians,
Berikut beberapa info khusus nya buat pemegang/penerima Voucher Sodexo:

  1.  Pastikan Voucher yang kita miliki dalam keadaan baik (utuh, tidak basah dan tidak terlipat)
  2. Hindari tindakan merobek, membuat lobang, menulis, membubuhkan staples dan tindakan lainnya yang dapat merusak Voucher.
  3.  Selalu memperhatikan masa berlaku Voucher.


Untuk info lebih lengkapnya dan cara mendapatkan Voucher Sodexo di atas, Sodexians dapat menghubungi contact di bawah ini:



Sodexians juga dapat berselancar di beberapa situs berikut: 
1.  http://sodexobenefits.co.id  
      3.     FB : Sodexo Indonesia



Penghargaan adalah bonus dari sebuah proses yang baik. Di mana ketekutan, keuletan, pantang menyerah dan selalu melakukan yang terbaik adalah sarana mendukung sebuah proses yang baik.

Ketika kita mampu menghargai sebuah proses maka penghargaan pun datang dengan sendirinya.  Penghargaan tidak hanya berupa materil atau bersifat fisik, namun penghargaan dapat berupa moril atau non fisik. Jenis penghargaan apapun yang kita terima, sudah selayaknya kita mengucap syukur kepada Sang Pencipta.

Sodexo hadir sebagai respresentatif dari sebuah penghargaan. Dengan hadir di lebih dari 14.000 outlet, Sodexo memberikan pelayanan yang maksimal di setiap kesempatan. Berbagai bentuk voucher dapat kita nikmati manfaatnya. Karena Sodexo hadir sebagai penghargaan terbaik untuk saya, kamu dan kita kaum Sodexians.



Selamat menghargai proses dan menerima penghargaan...

Sumber :
     1.       http://sodexobenefits.co.id
    2.       http://beli.sodexovoucher.com
    3.      FB : Sodexo Indonesia





0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

BP

WB

KEB