Hobi Dari Tangan Ajaib Ibu



TANGAN AJAIB IBU

Sebagai seorang anak, saya merasa sangat bahagia dilahirkan dari rahim seorang Ibu yang memiliki kemampuan/talenta dalam banyak hal. Karena secara tidak langsung melalui visual dan pengajaran, talenta tersebut turun ke anaknya.


Ibu yang ulet dan memiliki tangan ajaib dapat membuat suatu barang biasa menjadi barang bernilai. Bahkan barang bekas dapat dijadikan sebagai barang hiasan yang memiliki nilai jual. Oleh karena itu, banyak hobi Ibu yang turun ke anak perempuan semata wayangnya ini.

Dari saya masih kecil sampai saat ini, Ibu sangat suka dengan keindahan. Sehingga isi rumah dihiasi dengan barang-barang handmade karya Ibu. Seperti kotak sisir, hiasan rumah, bunga plastik, taplak meja bahkan membuat tas dari barang-barang bekas.


Saat duduk di bangku SMU, saya mulai memperhatikan dan mempelajari semua kreasi dari tangan ajaib Ibu. Ditambah dengan kesabaran seorang Ibu yang mengajari maka tak butuh waktu lama untuk saya dapat menyelesaikan kerajinan tangan/craft walaupun memiliki pola yang rumit.

Di samping itu, tak hanya anaknya bahkan Ibu sangat rajin mengajak para tetangga sampai anak didiknya untuk membuat kerajinan tangan. Sepulang mengajar Ibu membagikan ilmu, motivasi bahkan kadang-kadang memberikan alat dan bahan untuk ibu-ibu di sekitar rumah untuk dapat mendirikan usaha dari kerajinan tangan.

Saya sangat bersyukur kepada Sang Pencipta karena memiliki role mode untuk berkreasi dan berbagi dengan sekitar. Seperti kalimat Ibu, yang selalu saya ingat adalah kemampuan yang kita miliki merupakan hasil doa orang lain, maka berbagilah dengan sekeliling kita.


LIKE MOTHER LIKE DAUGHTER

“Like Mother Like Daughter” dari dulu sangat suka dengan kalimat tersebut. Karena apa yang baik dari Ibu tanpa disadari banyak tertular ke anaknya. Hobi bernyanyi, menari, bermain musik, menulis dan membuat kerajinan tangan. Hampir semua kegiatan tersebut kulakoni. Tak hanya sekedar hobi karena dari beberapa hobi tersebut memberikan peluang usaha dan prestasi kepada saya.   

Salah satu hobi yang tidak dapat ditinggalkan dari dulu adalah kegiatan menulis. Sebelum masuk ke jenjang Sekolah Dasar, Ibu terlebih dahulu mengajari membaca dan menulis di rumah. Karena memang Ibu adalah seorang guru Sekolah Dasar (SD) dan sangat suka membuat karya ilmiah.

Alhasil, sebelum masuk ke dunia pendidikan maka untuk urusan membaca dan menulis bukan lagi hal yang sulit bagi saya. Hal ini terus berproses sampai saat ini, banyak membuahkan beberapa tulisan dalam bentuk puisi, narasi dan artikel. Semua tulisan sudah dibukukan secara pribadi, walaupun belum ada yang naik cetak he…he…he… (berharap)


Disamping itu, saya mengikuti banyak komunitas menulis. Hal ini bertujuan untuk menambah wawasan dalam menulis, mengulas dan memaparkan suatu objek. Sehingga hobi yang sudah mendarah daging ini, mungkin tak dapat ditinggalkan walaupun setiap hari harus mengurus batita yang masih ASI.

Kegiatan menyenangkan ini menjadi salah satu penyemangat dalam menjalani hari-hari sebagai Ibu Rumah Tangga. Setelah non aktif sebagai wanita pekerja selama 2 (dua) tahun, maka hobi menulis merupakan salah satu kesibukan yang tidak pernah membuat lelah. Di tambah pernah memiliki pengalaman menjadi redaktur sebuah majalah maka lengkaplah hobi ini.

Kegiatan menulis dapat mengaplikasikan buah pikiran dan mengekspresikan ide dalam bentuk tulisan. Kalimat bijak berkata bahwa salah satu hal yang tak pernah lekang oleh waktu adalah tulisan. Ketika tua nanti dan kita mulai susah mengingat, maka tulisan merupakan obat untuk menyegarkannya.

Salah satu tujuan terbesar saya kelak adalah memiliki komunitas penulis di kalangan Ibu Rumah Tangga dan menghasilkan buku dalam bentuk fisik dan e-book serta memiliki nilai jual. Hal ini bertujuan untuk menambah penghasilan dari para IRT yang tidak dapat mengais rezeki di luar rumah karena bertanggung jawab atas seisi rumah.

Pandangan umum kebanyakan masyarakat adalah Ibu Rumah Tangga adalah wanita yang setiap hari hanya memiliki waktu untuk membereskan rumah dan keluarga. Bahkan di cap dengan daster kumal tanpa make up, tidak memiliki prestasi dan hanya bisa berbagi gossip.

Padahal IRT memiliki waktu yang cukup untuk berprestasi bahkan dapat memberikan penghasilan tambahan mendukung perekonomian keluarga. Kegiatan menggagas komunitas IRT untuk jadi penulis dimulai dari mengajak tetangga yang memiliki minat dan bakat di dunia jurnalistik serta para sahabat kuliah yang sudah menjadi IRT.

Perasaan bahagia bercampur semangat tinggi untuk berbagi kepada sekitar melalui hobi yang digeluti selama ini. Semoga mimpi Komunitas IRT ini dapat terwujud dan menghasilkan banyak buku yang menjadi jendela dunia masa kini.


SAMPAH BERNILAI UANG 

Suatu kali Ibu pernah mengajari saya membuat kerajinan tangan dari bahan minuman gelas bekas. Alhasil, kerajinan tangan tersebut berbentuk tas yang cantik dan diminati para Ibu PKK, Ibu-Ibu Guru sampai kepada para tetangga. Sedari itu, saya mulai rajin membuat craft dari barang bekas.

Karena hobi membuat kerajinan tangan sudah cukup sering saya lakukan, maka setiap melihat sampah, selalu muncul ide untuk mengolah menjadi barang yang bernilai uang. Suatu kali, di warung dekat rumah banyak sekali bertebaran kartu-kartu bekas baik kartu remi maupun uno.


Tak lama setelah berkonsultasi dengan Ibu, maka kartu-kartu bekas tersebut disulap menjadi gucci/vas hiasan rumah yang cantik dan anti pecah. Gucci/vas yang dibuat dari kartu bekas tidak kalah cantiknya dengan gucci/vas keramik yang bernilai jutaan rupiah. Bentuk dan warnanya dapat disesuaikan dengan pesanan.


Untuk gucci/vas dari bahan kartu bekas:

       -          Ukuran kecil dapat dijual dengan harga Rp50.000-Rp100.000,-
       -          Ukuran sedang dapat dijual dengan harga Rp150.000-200.000,-
       -          Ukuran besar dapat dijual dengan harga di atas Rp 300.000,-

Apabila pemesan ingin menambahkan bingkai kaca atau tambahan bunga plastik pada gucci/vas tersebut maka harganya disesuaikan dengan ukuran bingkai dan jenis bunga plastik yang dipesan. Namun, untuk pemesanan karakter nama dalam gucci/vas tidak dikenakan biaya.

Untuk jangka pembuatan gucci/vas dari bahan kartu bekas:

      -          Ukuran kecil menghabiskan waktu kurang lebih 2-3 hari;
      -          Ukuran sedang menghabiskan waktu kurang lebih 4 hari;
      -          Ukuran besar menghabiskan waktu selama 1 minggu.

Hari lepas hari di sela-sela mengisi kekosongan waktu maka saya mulai membentuk beraneka ragam gucci/vas. Kartu yang semula dianggap ‘sampah’ dapat menjadi sebuah hiasan rumah yang bernilai.

Permintaan kerajinan tangan ini terus berjalan sampai saat ini, sehingga hal ini yang membuat Ibu dan saya terus berkreasi. Di samping itu, ide gucci/vas dari bahan kartu bekas remi atau uno ini di sharing-kan ke keluarga serta tetangga. Alhasil, tetangga juga turut belajar bersama untuk membuat craft gucci/vas kartu bekas.


Salah satu mimpi saya di masa depan bersama Ibu adalah memiliki Galery Kerajinan Tangan serta hasil crafting juga dapat dipasarkan di BukaLapak. Di mana semua pekerjanya adalah Ibu Rumah Tangga yang memiliki minat dan bakat untuk berkreasi dan ingin menambah penghasilan untuk mendukung perekonomian. Mungkin suatu saat craft yang dibentuk dapat go national bahkan go international



TAK BUKALAPAK TAK ADA CRAFT



Sebagai pecinta crafting, maka untuk membuat kerajinan tangan tak cukup hanya menggunakan bahan dasar saja seperti kartu atau barang bekas lainnya. Namun, dibutuhkan alat-alat yang mendukung dalam proses pengerjaannya.

Bukalapak menjadi patner setia para crafting. Barang yang dicari selalu ada, harganya lebih murah dari pasar dan e-commerce lainnya. Seperti tag line yang dibawa yaitu Semua Barang Ada, Harga Terjangkau dan Aman.

Seperti alat-alat yang dicari di pasar tidak ditemukan, namun di BukaLapak barang tersebut ada. Harganya tentunya lebih murah dari harga pasar. Seperti gunting di bawah ini, yang sangat saya butuhkan. Pernah di cari di pasar dengan bentuk yang sama ditawarkan per pcs dengan harga Rp50.000,- Setelah searching di BukaLapak harganya cuma Rp35.000,-



Begitu pula dengan barang-barang lainnya yang mendukung pembuatan crafting. Semuanya didapatkan di BukaLapak.







Berikut deskripsi panduan yang memudahkan Pembeli :




Uniknya, di BukaLapak terdapat Kategori yang selalu saya kunjungi yaitu Hobi dan Koleksi. Di kategori ini banyak sekali yang menawarkan berbagai jenis hasil kerajinan tangan, alat musik dan lainnya. Alhasil, saya memiliki keinginan untuk memasarkan semua hasil hobi saya di kategori tersebut, semoga saja banyak yang berminat he…he…he…

Namanya juga BukaLapak, belum afdoll kalau belum ada Lapak di sini. Buat pemula enggak perlu bingung, berikut cara mudah untuk bergabung di BukaLapak :

     1.      Klik icon Daftar pada layar di sebelah kanan atas.







     2.      Kemudian muncul Pendaftaran User Baru.
     Pilih apakah daftar melalui Facebook, Google atau mengisi data.

     3.      Lebih sederhana daftar melalui Facebook.

     4.      Maka akan dikoneksikan dengan Facebook yang sebelumnya sudah Log In.






















     5.      Klik OK

     6.      Masukkan Password yang mudah diingat.





















     7.      Terdaftar di BukaLapak


























Berikut deskripsi panduan yang memudahkan Pelapak :




Untuk para Pelapak, BukaLapak juga menawarkan Premium Account lho:




Cukup mudahkan, semua barang ada dan harganya jangan di tanya, lebih murah dari toko sebelah. Di samping itu, kita juga bisa gelar tikar untuk jualan he…he…he…

KESIMPULAN

Sebaiknya manusia adalah dapat bermanfaat bagi orang lain. Setiap manusia sudah diberikan kemampuan dan talenta masing-masing. Di mana kemampuan tersebut dapat menjadi cikal bakal hobi yang akan ditekuni. Hobi yang saya miliki terinsipirasi dari Ibu yang memiliki tangan ajaib dapat membuat barang bekas menjadi barang yang bernilai. Hobi yang saya lakukan semakin membuat saya kreatif dan tentunya dapat menambah penghasilan keluarga.

Seperti pengajaran Ibu agar terus berbagi dari talenta yang dimiliki dan menginsipirasi banyak orang. Karena ilmu yang dimiliki akan semakin berkembang dan bertambah apabila dapat dibagikan ke orang sekitar. Untuk itu, hobi menulis dan crafting yang saya lakoni akan terus dibagikan kepada setiap orang yang dikenal.




Bagitu dengan www.hijup.com terdapat satu konten inspirasi di mana mengajak semua kaum wanita untuk menginsipirasi banyak orang dengan kemampuan yang dimiliki, cerita kehidupan bahkan cara mengelola kehidupan, keluarga dan keuangan.


Akhir kata, tetaplah berkarya, tetap melakukan yang terbaik dan menginsipirasi banyak orang. Hidup hanya sementara jadikanlah kesementaraan ini sungguh menjadi sangat sulit dilupakan oleh banyak orang.


Salam,


Kinata’s Mom




Sumber Foto :

1. Dokumen Pribadi
2. www.bukalapak.com
3. www.hijup.com


Tulisan ini diikutsertakan dalam “KOMPETISI BLOG INSPIRASI WANITA” :


0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

BP

WB

KEB