6 Tahun Mati Suri

 Dear blogger...

Cerita ini berawal di tahun 2010, saat semua teman kampus mulai sibuk dengan blog barunya. Tak mau ketinggalan, maka saya pun bergegas untuk membuat blog.




Bermodalkan laptop jadul dan modem seadanya akhirnya jadilah curhatansahabat.blogspot.co.id. Namanya terkesan oldschool, hal ini dikarenakan isi sebagian blog merupakan curhatansahabat mulai dari percintaan, keluarga sampai pada perkuliahan. 



Di penghujung perkuliahan yang begitu padat merayap, maka melirik blog ini pun tak sempat lagi. Keinginan untuk terus menulis secara online menjadi gagal saat sudah masuk ke dunia kerja.


Bagi saya pribadi, blog adalah rumah di dunia maya. Di mana saya bisa berekspresi menulis tentang apa saja dan membagikan banyak hal. Di samping itu dapat mengenal banyak penulis hebat walaupun tak mungkin bertemu di dunia nyata. 


Memang benar adanya membuat blog lebih mudah daripada memelihara blog itu sendiri. Tantangan tak hanya datang dari diri sendiri dengan kemalasan namun lingkungan sekitar juga mempengaruhinya. 


Blog ini mulai usang dan lumutan karena tak berpenghuni. Ibarat rumah, blog ini harus banyak diperbaiki mulai dari atap, pintu dan lantai. Tulisan yang berbau menye-menye pun semua dihapus. Akhirnya curhatansahabat mati suri bertahun-tahun tanpa tulisan.  




Setelah menikah dan menjadi seorang Ibu, saya memutuskan untuk full time di rumah. Tentunya dengan alasan utama adalah keluarga. Tak lagi menjadi wanita karir memberikan sedikit nafas untuk kembali ke kegiatan menulis.


Tepat Februari 2016, di mana buah hati saya berusia 1 (satu) tahun. Saya mulai kembali menulis di blog dan hanya sekedar mengucapkan selamat ulang tahun untuk putri saya.


Melihat kemajuan blogger di Indonesia 6 tahun belakangan ini, membuat saya tergugah untuk kembali ke dunia blog. Namun, rumah kedua saya ini harus banyak diperbaiki, dibersihkan dan dipugar kembali.


Walaupun masih menggunakan domain gratisan, tetapi bersemangat untuk menyulap curhatansahabat lama dengan yang baru. Memang kemampuan belum mumpuni layaknya pengguna blog saat ini.


Curhatansahabat diubah dengan template yang baru, jenis tulisan serta mulai menghiasi dengan tulisan seadanya. Setelah 6 tahun matisuri, akhirnya curhatansahabat kembali berdiri tegak di antara blogger yang sudah eksis sebelumnya.





Masih segar diingatan pertama kali memiliki blog, murni bertujuan untuk menulis, menuangkan buah pikir dan membagikan informasi. Dewasa ini, defenisi nge-blog sudah sangat luas. Selain bertujuan di atas, nge-blog juga dapat sebagai sumber penghasilan.


Tak terbayangkan, profesi sebagai blogger saat ini sungguh menjanjikan. Dimulai dari mengikuti kompetisi menulis, me-review produk, tawaran menulis artikel dan sebagainya.



Setelah membangkitkan curhatansahabat, saya mulai mengikuti kontes menulis produk kewanitaan. Jujur pada saat itu belum banyak ilmu yang dimiliki untuk membuat tulisan menarik. Tulisan seadanya dan terkesan polos tanpa gimik.




Saat pengumuman, ternyata curhatansahabat menjadi salah satu pemenang hampers. Rasanya melayang, senang tak terkira, wajah berseri dan bahkan merayakannya dengan memasak hidangan istimewa untuk keluarga.


Inilah yang dinamakan Best Blogger Momentmulai dari titik awal ini, saya mulai berjuang kembali untuk semangat menulis. Hampir setiap hari saya belajar, blogwalking, bertanya bahkan membeli buku tentang menulis yang benar dan baik.


Terkadang menyempatkan diri untuk belajar di perpustakaan tentang dunia web, desain, CSS, HTML, dan sebagainya. Memang cukup berat untuk memahami semua namun saya percaya ini masih dalam proses. Suatu hari nanti, saya akan memiliki domain dengan tampilan menawan dan memukau. Ingat teruslah belajar!!!





Saya percaya ada upah untuk setiap usaha yang dilakukan dengan ketulusan. Sekitar setahun aktif, saya sudah diberikan reward sebanyak 11 kali. Dapat dikatakan hampir setiap bulan diberikan penghargaan.




Hal ini sebagai salah satu motivasi saya untuk menulis lebih baik lagi. Setiap mendapat hadiah, saya tidak pernah melihat nominalnya. Sekecil apapun itu, sungguh sangat berarti untuk menjadi bekal selanjutnya bahkan menjadi cerita indah di masa yang akan datang buat anak cucu.


Curhatansahabat yang matisuri selama 6 tahun, kini mulai mengembangkan sayapnya. Perlahan saya mulai percaya diri untuk mengikuti kompetisi menulis bahkan bersaing dengan blogger hebat di bumi pertiwi ini.










Sebagai blogger yang dapat dikatakan pemula, berikut 5 hal yang saya lakukan untuk terus memelihara curhatansahabat:


1. Read

Sebagai penulis, sudah tentu harus banyak membaca. Tak hanya buku, kita juga dapat membaca berbagai artikel yang dituangkan oleh blogger lainnya agar memperkaya pengetahuan.


Ketika kita banyak membaca maka ide tulisan akan semakin berkembang dan memudahkan kita untuk menulis. Terkadang, blogger banyak mundur teratur ketika melihat S&K yang mewajibkan lebih dari 500 kata. Nah, untuk itu mulailah untuk suka membaca!



2. Time

Salah satu kendala sebagai blogger adalah kurangnya waktu. Bagaimana mungkin dapat menulis, jika pekerjaan menumpuk, belum lagi urusan keluarga yang padat merayap.


Di sini dibutuhkan komitmen dan kedisiplinan. Lungkan waktu sekitar 1-2 jam untuk mengurus blog. Tahun lalu, saya berkomitmen untuk menulis setiap bulan, paling tidak 1 (satu) artikel. Nah, mungkin tahun ini akan meningkat lagi dengan komitmen dan kedisiplinan memanfaatkan waktu dengan baik.


3. Blogwalking

Melihat berbagai jenis blog mulai dari beauty, travel, food blog dan lainnya membuat saya mengetahui banyak bentuk tulisan. Disamping itu, blogwalking menjalin persaudaraan dengan blogger lain.


Jangan pelit untuk membantu blogger lain dalam hal ilmu, komentar, share dan lainnya. Blogwalking merupakan kegiatan menambah ilmu tanpa biaya serta menambah sahabat di dunia maya.


4. Blog Make Up

Tak hanya wanita yang perlu make up, blog juga perlu di make up agar terlihat menawan dan indah dipandangan mata. Sayang ketika konten tulisan bagus, namun tampilan blog kurang hidup. Nah, untuk ini saya juga terus belajar agar kelak memiliki blog yang sedap dipandang mata.  


5. Komunitas Blogger

Kamu tidak sendiri ketika kamu bergabung di dalam sebuah komunitas. Blogger pemula sering sekali merasa sendiri dan tak tahu harus berbuat apa dengan blog-nya. Alhasil, tak jarang blogger pemula mengurungkan niat untuk mengembangkan blog-nya.


Saya cukup bangga menjadi bagian dari Warung Blogger. Walaupun baru setahun ini terjun lagi di dunia blog, WB memberikan banyak sekali inspirasi dan motivasi saya untuk menulis.


Di usianya yang ke – 6 Tahun ini, saya ucapkan selamat ulang tahun. Semakin berjaya dan terus menginsipirasi blogger di Indonesia.


Akhir kata, mari menulis dan berbagi. Waspadalah, jangan sampai blog kamu mati suri!!! Happy Blogging J





Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba ulangtahun ke-6 tahun Warung Blogger.

6 komentar:

  1. Weee...mbak Anggraini keren... 1 tahun bisa 11 pernghargaan....amazing bingitttt... keep writing mbak... sukses selalu ya.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe give away mba semuanya hihi... Thanks ya mba e :)

      Hapus
  2. Blog akuh juga sering mati suri hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat hidupkan kembali blog kita mba hehe :)

      Hapus
  3. Aku sebisa mungkin update walaupun seringnya juga off hehehe.. salam kenal mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal Mba Indah, senang mengenal Mba :)

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.

BP

WB

KEB