#Memesonaitu Bersama Vitalis Menyulap Sampah Menjadi Tas Cantik








Dewasa ini, wanita Indonesia banyak terkenal karena kepiawaiannya dalam berbagai hal. Sebut saja Christine Hakim di dunia seni peran, Mira Lesmana di dunia perfilman sampai kepada Raissa di dunia tarik suara.

Setiap wanita memiliki potensi untuk mengembangkan semua talenta ataupun bakat yang dimiliki. Sehingga dalam kondisi apapun, wanita dinilai lebih tangguh dalam mempertahankan hidup. 

Kegigihan dan kerja keras seorang wanita membuat aura inner dan outer terpancar dengan baik. Alhasil, banyak kaum Adam terpesona dan menyanjung keindahan makhluk ciptaan Tuhan ini.

Tak hanya di dunia karir, entertaint serta bisnis, di dunia rumah tangga wanita pun dapat terlihat memesona. Karena memesona itu perpaduan dari  keindahan, karakter yang baik, tindakan yang nyata dan peka terhadap lingkungan.

Belajar dari wanita hebat di Indonesia maupun Internasional membuat saya terus berusaha terlihat memesona di tengah keluarga, masyarakat bahkan bangsa ini. Walaupun saat ini hanya memiliki label sebagai Ibu Rumah Tangga tak pelak membuat saya patah semangat untuk berkarya.




Salah satu karya yang saat ini saya tekuni adalah mengolah sampah plastik menjadi tas cantik. Hal ini berawal dari keprihatinan terhadap lingkungan.

Saat saya berjalan ke lingkungan perkantoran dan persekolahan begitu banyak sampah plastik kemasan minuman yang bertebaran. Tak hanya membuat sarang penyakit, ternyata sampah plastik ini juga berbahaya untuk struktur tanah di masa yang akan datang.

Menurut peneliti, sampah plastik baru dapat terurai sampai ribuan tahun. Dalam sehari, Indonesia menghasilkan sampah plastik hingga berjuta ton. Tak terbayangkan bagaimana kondisi bumi di masa yang akan datang.




Saat ini saja bumi sudah tercemar dengan berbagai sampah plastik, struktur tanah menjadi buruk, udara menjadi tak sehat karena pembakaran sampah plastik, belum lagi ekosistem yang terganggu.

Oleh karena itu, setidaknya IRT yang sedikit peduli dengan lingkungan ini mulai memutar otak bagaimana caranya agar sampah plastik dapat didaur ulang. Tak hanya menjadi barang berguna akan tetapi memiliki nilai jual.




Hampir setahun saya menekuni craft sampah plastik ini, mulai dari mengumpulkan bahan alias memulung di jalanan sampai kepada produksi. Step by step, sampah plastik ini dibersihkan, diolah dan dikreasikan menjadi tas wanita yang unik dan cantik.




Untuk membuat satu buah tas memerlukan usaha yang ekstra. Karena satu buah tas terdiri dari 300-400 kemasan minuman gelas. Belum lagi untuk ukuran tas yang besar dibutuhkan lebih dari 500 kemasan minuman.




Tak hanya berusaha sendiri, saya juga mengajak beberapa anak sekolah untuk membantu dalam hal mengumpulkan kemasan di sekitar areal sekolah. Di samping itu, beberapa teman wanita juga diajak untuk bekerjasama dalam mengumpulkan sampah plastik tersebut.

Selain menjaga lingkungan dari sampah yang berserakan, bumi yang bebas dari sampah plastik, saya juga mengajak teman-teman untuk berkreasi dalam menambah pundi-pundi keuangan. Karena hasil dari tas unik dan cantik ini akan dijual.

Tas unik tersebut dipasarkan kepada orang-orang terdekat/kalangan tersendiri. Hal ini dikarenakan belum ada kepercayaan diri untuk memasarkan secara luas.





Seorang teman pernah menawarkan untuk dipasarkan secara online. Namun, kurangnya rasa percaya diri untuk mempresentasikan hasil karya tersebut.

Dalam perjalanannya, saya terus berusaha untuk memupuk kepercayaan diri dengan hasil karya yang saya buat. Tak hanya dukungan dari keluarga, hal-hal yang terkait dengan kepribadian juga menjadi sumber pendukung. Sebut saja pakaian serta parfum yang digunakan harus mendukung mood saya dalam beraktivitas.

Saat menyulap sampah plastik menjadi tas cantik, saya ditemani aromaterapi yang pas dengan kepribadian. Sebagai orang yang fokus, sangat jarang berganti-ganti jenis wewangian/parfum. Dari jaman kuliah ada 2 (dua) jenis parfum yang dipakai. Pertama parfum kemasan kaca dan satu lagi Vitalis kemasan plastik.



Siapa yang tak kenal dengan produk ini. Iklannya suka wara-wiri di televisi. Saya juga mengenal Vitalis dari televisi. Semula mengira body scent ini harganya sangat mahal. Eh ternyata harganya pas banget di kantong anak kuliahan. Alhasil, berkelanjutan sampai hari ini.

Dulu paling senang dengan Vitalis Eu De Cologne, namun awal tahun ini beralih ke Vitalis Body Scent. Terlebih hadirnya New Vitalis Body Scent.



Kerennya, salah satu aroma yang saya sukai juga tersedia di dalam 6 (enam) varian Vitalis Body Scent terbaru:      
  1. Vitalis Body Scent Blissful (Orange)
  2. Vitalis Body Scent Belle (Magenta)
  3. Vitalis Body Scent Blossom (Pink)
  4. Vitalis Body Scent Bizarre (Ungu)
  5. Vitalis Body Scent Breeze (Biru)
  6. Vitalis Body Scent Bless (Merah)

Pilihan saya jatuh pada Vitalis Body Scent Bizarre hal ini dikarenakan aromanya pas banget untuk mendukung mood dan kepercayaan diri. Sama seperti hasil flower test yang ada di www.pesonavitalis.com menyatakan bahwa jenis Vitalis Bizarre yang cocok untuk kepribadian saya. 

“Kamu punya cara yang unik untuk mengekspresikan diri kamu yang dinamis dan artistik. Hobi kamu yang unik membuat orang penasaran, tetapi begitulah kamu menikmati hidup.”




Sesuai dengan keunikan maka Vitalis Bizarre menjadi sahabat yang tepat untuk crafter seperti saya. Bersama Vitalis saya mengekspresikan berbagai ide dan dituangkan menjadi tas unik dan cantik. Alhasil, keluarga terdekat melihat apa yang saya lakukan begitu memesona.



Secara garis besar bahwa memesona itu dapat dilihat dari sisi feminine, Unique, Peaceful, Beautiful, Daring dan Lively. Sama dengan test kepribadian maka memesona yang saya pancarkan dari sisi keunikan, di mana gaya hidup dan kegiatan yang saya lakukan mungkin sedikit berbeda dengan wanita pada umumnya.

Seperti menjadi crafter sampah plastik membuat saya terlihat berbeda dengan wanita yang ada dilingkungan terdekat. Tak jarang orang-orang juga tertarik dan mau terlibat dalam pembuatan tas unik dan cantik ini.

Vitalis tak hanya sekedar sebagai body scent namun juga sebagai pembangkit semangat dikala mood membuat tas lagi turun. Di samping itu, membantu penampilan terlihat lebih elegan. Aromanya tak kalah hebat dengan parfum mahalan, tahan lama, lembut (tidak menyengat) dan juga praktis di bawa kemana-mana.



Di samping itu, mudah banget mendapatkan Vitalis Body Scent. Jagankan di kota besar, di daerah pelosok pun produk ini sudah tersedia dan juga toko-toko online.



Mahakarya PT Unza Vitalis ini juga sudah terdaftar di BPOM sehingga aman dipakai. Dari sisi harga sangat terjangkau untuk ukuran 120 ml sekitar 18.000-22.000 (Pulau Jawa – Luar P.Jawa). Kalau untuk saya ukuran 120 ml tahan sampai 2 (dua) bulan. Karena wanginya tahan lama jadi pemakaiannya tidak terlalu boros.



Untuk ukuran tersedia dalam 60 ml dan 120 ml. Dikemas dalam botol plastik, berbentuk spray, memiliki tutup yang rapat sehingga aman dari jangkauan anak-anak. Cara pemakaiannya pun mudah layaknya memakai parfum pada umumnya, tinggal disemprot ke seluruh tubuh.






Terdapat 6 (enam) hal yang membuat wanita terlihat memesona, salah satunya adalah keunikan. Setiap wanita memiliki keunikan tersendiri. Keunikan tersebut mendukung seorang wanita menjadi hebat dan berbeda dengan wanita lainnya.

Salah satu keunikan yang saya miliki adalah peka terhadap lingkungan. Sampah plastik yang mulai merajalela dipermukaan bumi membuat saya tidak tenang dan selalu berpikir untuk mengolah sampah tersebut.

Alhasil, sampah plastik menjadi tas unik, cantik serta bernilai jual. Aroma yang pas dengan mood juga salah satu pendukung terciptanya karya tersebut. Vitalis Body Scent Bizarre menjadi sahabat yang tidak pernah terlupakan dalam berkarya.



Kombinasi violet, lotus serta blackcurrant dalam Vitalis Bizarre menjadi penyemangat baru dan menambah kepercayaan diri dalam menyelesaikan semua craft. Harapannya bersama Vitalis, suatu saat mimpi memiliki galeri craft dari barang bekas dapat terwujud.  

Selamat memesona bersama Vitalis...


#MemesonaItu
  

12 komentar:

  1. Keren mbak dengan kreatifitas mu mengolah sampah jadi hal yang bermanfaat, tularkan ke masyarakat sekitar ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mba e... Semoga berjaya :)

      Hapus
  2. Tulisannya begitu memesona...

    BalasHapus
  3. Mbak Anggraini ini super creative mom deh...sumpeh....inovatif....bener-bener memesona...sukses dan sehat selalu ya mbak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah saya tersanjung Mba. Kamu jauh lebih memesona. Semoga kali ini ketularan jadi juara ya hehe

      Hapus
  4. Tas nya bagus. Sudah jarang IRT se-kreatif ini. Sukses selalu...

    BalasHapus
  5. Salam kenal mbak, wah tasnya lucu-lucu banget! stay inspiring ya mba, keep in touch!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Mba. Salam kenal sukses selalu :)

      Hapus
  6. Hebat mbaaa... bisa membantu menjagabkelestarian bumi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Mba Indah... Save world :)

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.

BP

WB

KEB